Media sosial
Menurut kamus Cambridge, media sosial didefinisikan sebagai berikut:
- Websites and computer programs that allow people to communicate and share information, opinions, pictures, videos, etc. on the internet, especially social networking websites
- Forms of media that allow people to communicate and share information using the internet or mobile phones
- Situs web dan program komputer yang memungkinkan orang berkomunikasi dan berbagi informasi, opini, gambar, video, dll. di internet, terutama situs jejaring sosial
- Bentuk media yang memungkinkan orang berkomunikasi dan berbagi informasi menggunakan internet atau ponsel
Joseph B. Bayer dari School of Communication, The Ohio State University dan koleganya menulis artikel berjudul Social Media Elements, Ecologies, and Effects yang dimuat dalam jurnal Annual Review of Psychology dan mengartikan media sosial sebagai berikut:
Computer-mediated communication channels that allow users to engage in social interaction with broad and narrow audiences in real time or asynchronously
Saluran komunikasi yang dimediasi komputer yang memungkinkan pengguna untuk terlibat dalam interaksi sosial dengan khalayak luas dan sempit secara real-time atau asinkron
Social media are Internet-based channels that allow users to opportunistically interact and selectively self-present, either in real-time or asynchronously, with both broad and narrow audiences who derive value from user-generated content and the perception of interaction with others..Media sosial adalah saluran berbasis internet yang memungkinkan pengguna berinteraksi secara oportunistik dan mempresentasikan diri secara selektif, baik secara langsung maupun asinkron, dengan audiens luas maupun sempit yang memperoleh nilai dari konten buatan pengguna dan persepsi interaksi dengan orang lain.